Hi! long time no post in my blog...
Sekarang saya akan menceritakan aktivitas yang dilakukan di kampus Gunadarma khususnya di kampus H yang terletak di Jalan Akses UI, Pasir Gn. Sel., Cimanggis, Kota Depok, Jawa Barat 16451.
SO HERE IT IS...
number 1 is.. Perpustakaan Universitas Gunadarma
Sebagai tempat menimba ilmu pengetahuan. Universitas Gunadarma menyediakan Perpustakaan yang dilengkapi dengan beragam bahan pustaka yang terdiri dari buku literatur baik dalam bahasa Indonesia maupun dalam bahasa Inggris, majalah, jurnal ilmiah serta buku ilmu pengetahuan lainnya. Fasilitas Perpustakaan Universitas Gunadarma telah digunakan oleh mahasiswa, dosen, karyawan dan alumni Universitas Gunadarma.
Tujuan
Menunjang Tridarma Perguruan Tinggi dengan fungsinya sebagai sumber informasi bagi pelaksanaan proses belajar dan mengajar, penelitian dan pengabdian pada masyarakat.
Sejarah
Tahun 1987 Berdiri Perpustakaan STKG di kampus Depok
Tahun 1992 Berdiri Perpustakaan STIE di kampus Kelapa Dua
Tahun 1996 Bertambah 4 buah Perpustakaan fakultas yaitu: Perpustakaan fakultas Teknik Perencanaan, Teknik Industri, Psikologi dan Sastra
Tahun 2000 Secara keseluruhan disebut sebagai Perpustakaan Universitas.
Untuk petunjuk pengguna merupakan pelengkap dari Peraturan yang dikeluarkan oleh Perpustakaan Universitas Gunadarma. Kami berusaha semaksimal mungkin menyediakan informasi-informasi seputar layanan Perpustakaan yang selama ini menjadi pertanyaan pengguna perpustakaan.
Petunjuk pengguna ini dibagi berdasarkan layanan yang kami sediakan, yaitu :
Keanggotaan Meliputi prosedur pendaftaran dan perpanjangan keanggotaan.
Sirkulasi Meliputi prosedur peminjaman, pengembalian dan perpanjangan peminjaman bahan pustaka.
Administrasi Meliputi prosedur pembuatan Surat Bebas Perpustakaan dan Surat Keterangan Sumbangan.
Kunjungan Meliputi prosedur kunjungan ke ruang referensi.
Sedangkan, layanan yang disediakan oleh Perpustakaan Universitas Gunadarma adalah :
Keanggotaan
Perpustakaan menyediakan layanan keanggotaan yang ditujukan untuk mahasiswa dan staf/dosen di lingkungan Universitas Gunadarma. Dengan menjadi anggota, mahasiswa/staf/dosen dapat melakukan peminjaman koleksi bahan pustaka yang dimiliki oleh Perpustakaan Universitas Gunadarma.
Peminjaman bahan pustaka bagi anggota
Peminjaman bahan pustaka hanya ditujukan untuk anggota. Bahan pustaka yang dapat dipinjam adalah buku teks untuk mahasiswa dan dosen/staf, serta buku diktat kuliah untuk dosen/staf.
Administrasi
Layanan ini meliputi pembuatan Surat Bebas Perpustakaan dan Surat Keterangan Sumbangan.
Kunjungan Ruang Referensi
Bagi mahasiswa yang sedang melaksanakan penulisan ilmiah atau skripsi dapat mengunjungi ruang referensi. di ruang ini, tersedia jurnal, majalah, penulisan ilmiah, skripsi dan akses internet.
Jenis Pelayanan di Perpustakaan Kampus H
Baca, Peminjaman dan Pengembalian Buku, Layanan Referensi, Jurnal dan Skripsi.
Waktu Pelayanan
Senin - Jum'at
09.00 - 15.00 WIB (Istirahat : 12.00 - 13.00 WIB)
Sabtu
09.00 - 12.00 WIB
Kunjungan Referensi, Pengembalian dan Administrasi
Senin - Jum'at
09.00 - 15.00 WIB (Istirahat 12.00 - 13.00 WIB)
Sabtu
09.00 - 12.00 WIB
Untuk lebih jelas informasi tentang perpustakaannya bisa kunjungi link dibawah ini..
Next, number 2 is... iLab Gunadarma
iLab adalah sebuah layanan via online yang dimiliki oleh Universitas Gunadarma. iLab sendiri merupakan laboratorium Komputer terdapu. iLab terbentuk untuk pertama kali pada tahun 2008/2009. Komputer yang digunakan saat itu 300 komputer. Pada tahun akademik berikutnya mengalami penambahan computer sehingga jumlah Komputer saat itu adalah 500 komputer dan berlokasi di kampus H gedung 1 lantai 3.
Tahun akademik berikutnya yakni tahun 2010/2011 kembali terjadi penambahan Komputer sejumlah 500 komputer yang berarti saat ini Komputer yang dimiliki iLab sebanyak 1000 kommputer. 500 komputer baru tersebut berlokasi di kampus H gedung 1 lantai 2 sehingga iLab berlokasi didua lantai dalam satu gedung.
iLab sendiri memiliki peraturan-peraturan yaitu :
1. Dilarang membawa makanan atau minuman
2. Dilarang membawa senjata
3. Menjaga kebersihan lingkungan
4. Berpakaian rapi dan sopan
5. Di larang merusak fasilitas
6. Menjaga ketenangan ruangan
7. Menjaga kerapihan ruangan
8. Praktikan dilarang keluar ruangan iLab sebelum 1 jam 15 menit.
Dengan konsep ”satu lab untuk semua”iLab memfasilitasi praktikum untuk semua program studi di universitas gunadarma. Dengan teknologi terbaru yang dimiliki iLab, program studi yang berbeda-beda dapat menjalankan praktikum secara bersamaan.
Untuk mengetahui lebih lanjut langsung klik link dibawah ini..
Dengan kemudahan tersebut para pengguna iLab khusunya para mahasswa baru tidak akan mengalami kesulitan baik dalam mencari informasi tentang iLab, praktikum dan hal-hal lain yang dipelukan nantinya atau sekedar melihat-lihat serta mempelajari layanan via online ini.
Layanan via online ini berisikan informasi-informasi mulai dari
1. iLab
berisikan tentang pengenalan iLab (seperti terdapat pada buku iLab yang diberikan pada setiap mahasiswa pada awal pembelajaran) dan tata tertib iLab ( tata tertib masuk ruangan iLab, tata tertib berpakaian, prosedural keikutsertaan praktikum)
2. Praktikum
Berisi menu trutorial praktikum (pra praktikum, login, pretest,lab activity, post test, ubah jadwal, logout) dan modul praktikum (lab SI,TI, Akuntansi dan manajemen)
3. Administrasi
Berisi download jadwal (skema jadwal dan jadwal perkelas dan no praktikum), sistem penjadwalan praktikum (tata tertib penjadwalan, sistem penjadwalan, praktikum pengganti, sesi praktikum dan keterlambatan).
4. Regristasi praktikum
Sebagai menu terakhir yang berisikan prosedur praktikum iLab untuk kelas satu, registrasi kelas 1 dan cetak kartu.
Last but not least, number 3 is... Gunadarma Sport Center
Ada 3 lapangan yang terdapat didalamnya: lapangan A, lapangan B, dan lapangan c. Sport center beroperasi dari jam 08.00 sampai dengan jam 20.00. Di sini disediakan loker, kamar mandi, dan P3K. Selain itu banyak UKM gunadarma yang menggunakan sport center untuk latihan seperti: UKM futsal, basket, volley dan taekwondo. Saya pun dahulu sering berlatih disini untuk latihan fisik bersama UKM Hoki Gunadarma. Untuk mahasiswa yang mau menggunakan lapangan harus reservasi terlebih dahulu.
Ada pun ketentuan untuk reservasi yaitu:
· Reservasi hanya untuk mahasiswa aktif Universitas Gunadarma
· Login website sports center menggunakan akun student site
· Setiap mahasiswa hanya bisa melakukan satu kali reservasi perharinya
· Reservasi lapangan, dapat dilakukan melalui website atau dengan menghubungi petugas reservasi
· Reservasi melalui website dilakukan minimal satu hari sebelum waktu penggunaan lapangan
· Maksimal peserta 20 orang untuk satu reservasi
· Lama waktu reservasi penggunaan lapangan satu jam
· Untuk reservasi langsung, bisa dilakukan langsung ke UG Sports Center dengan menghubungi petugas reservasi dan hanya dapat reservasi pada slot kosong yang tersedia
· Petugas Sports Center berhak untuk membatalkan reservasi yang dimaksud, apabila 15 menit setelah waktu yang diminta, ternyata tidak hadir
Selain itu di sport center ada beberapa peraturan yang harus diikuti:
· Setiap Mahasiswa diharuskan memakai pakaian olahraga yang pantas dan memakai sepatu olahraga
· Menjaga kebersihan ruangan dan lapangan.
Dilarang membuang sampah tidak pada tempatnya
· Dilarang merokok di area lapangan dan didalam area ruang loker
· Menjaga kerapihan ruangan.
Mahasiswa meletakkan barang sesuai dengan tempat yang telah ditentukan
· Dilarang merusak fasilitas.
Tindakan perusakan pada fasilitas di Universitas Gunadarma merupakan pelanggaran kriminal. Sanksi atas perbuatan ini adalah sanksi tindakan hukum
· Mengembalikan alat olah raga yang dipinjam ke bagian counter
· Dilarang membawa senjata
Tata Cara Pemesanan:
Online
- Reservasi melalui website sc.gunadarma.ac.id
- Login menggunakan akun studentsite atau akun ilab
- Tentukan hari, jam, dan anggota tim
On The Spot
- Datang ke spot center dengan membawa KTM
- Jika belum melakukan pemesanan melalui website maka bisa melakukan pemesanan langsung ke bagian reservasi, dan hanya bisa memesan pada slot kosong yang tersedia
- Bagi yang sudah reservasi di website, dapat dating langsung ke bagian verifikasi. KTM diserahkan ke bagian reservasi untuk mendapatkan kunci loker, kartu akses, dan peralatan olahraga jika dibutuhkan. Simpan barang pribadi di loker masing-masing.
- Dapat menggunakan lapangan yang telah dipesan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar